HMJ Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang
HMJ Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang

Ini, 3 Tempat Terbaik untuk Menyelam Bersama Pari Manta di Indonesia

Author : Administrator | Minggu, 12 Maret 2017 16:13 WIB

Pari manta adalah satwa laut yang kini keberadaannya terancam punah. Karena habitatnya hanya berada di tempat tertentu, hanya melahirkan 1 anak dalam beberapa tahun, dan maraknya illegal fishing, kini (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Flora and Fauna/ CITES) telah mengkategorikan Pari Manta sebagai dalam daftar Apendix II. Ternyata, Indonesia menjadi salah satu negara yang beruntung karena terdapat Pari Manta. Satwa laut hampir punah ini ternyata memiliki daya tarik yang tinggi bagi penyelam dari berbagai macam negara. Kini banyak wisatawan mancanegara rela merogoh kocek yang tinggi hanya untuk bisa merasakan sensasi menyelam bersama Pari Manta. Kira-kira dimana saja 3 tempat tersebut ? berikut daftar 3 tempat menyelam terbaik bersama Pari manta versi Diviac Travel.

1. TAMAN NASIONAL KOMODO, NTT
Taman Nasional Komodo adala lokasi penyelaman yang paling terkenal oleh para penyelam mancanegara untuk menyelam bersama Pari Manta. Di perairan taman nasional komodo banyak ditemukan makanan Pari Manta, yaitu Plankton. Saat yang terbaik untuk dapat melihat Pari Manta dengan visbilitas dan cuaca yang baik adalah pada bulan Juni hingga September.


Photo credit : Retno Kusuma Ningrum

2. RAJA AMPAT, PAPUA
Raja Ampat dikenal sebagai tempat terbaik di duni untuk menyelam. Banyak ditemukan keanekaragaman hayati termasuk Pari Manta. Beberapa spot menyelam di Raja Ampat untuk melihat Spesies Reef Manta diantaranya adalah Manta Ridge, Manta Sandy, Eagle Rock dan Wayag Lagoon. Sedangkan untuk melihat spesies Oceanic Manta diantaranya adalah Blue Magic dan Magic Mountain. Waktu yang tepat untuk melakukan penyelaman di Raja Ampat yaitu pada bulan Oktober hingga Mei. Bulan Desember merupakan bulan yang memiliki kesempatan terbesar untuk melihat Pari Manta.


Photo credit : Mark

3. BALI
Bali merupakan pulau yang paling terkenal di Indonesia, banyak yang bilang, Bali adalah surga dunia. Untuk bisa menyelam dengan Pari Manta, kamu perlu melakukan perjalanan ke Nusa Penida. Disini, kaliandapat menemukan Reef Manta yang berwarna hitam pada tubuhnya di bulan Agustus hingga Oktober dengan kondisi perairan terbaik. Manta Bay dan Manta Poin juga menjadi spot menyelam yang baik untuk dapat menemukan Pari Manta, ditambah lagi, para penyelam terkadang beruntung dapat bertemu dengan ikan laut dalam yaitu Mola-Mola.


Photo credit : Jurgen Gangoly

Bagaimana ? Tertarik untuk bertemu mereka kawan ? Demi menjaga kelestarian Pari Manta, ternyata ada beberapa peraturan yang perlu kita perhatikan saat menyelam bersama Pari Manta. Apa sajakah itu ? tunggu di artikel kamu yang selanjutnya ya !

Editor : Retno Kusuma

 

From : http://minaindonesia.com/ini-3-tempat-terbaik-untuk-menyelam-bersama-pari-manta-di-indonesia/

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image