HMJ Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang
HMJ Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang

Guna Tingkatkan Produksi Penangkapan dan Budidaya Ikan, Nelayan Paser Terima Bantuan Rp1,4 Miliar

Author : Administrator | Senin, 27 Februari 2017 16:43 WIB

KKPNews, Tana Paser – Dinas Perikanan Kabupaten Paser menyediakan bantuan Rp1,4 miliar untuk budi daya nelayan Kabupaten Paser. Dana tersebut sengaja diambil dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2017 guna peningkatan produksi penangkapan dan budidaya ikan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Paser Ina Rosana mengatakan, bantuan berupa pengadaan perahu dan alat tangkap itu akan diberikan kepada nelayan yang memenuhi syarat yang ditentukan. “Saat ini, kami masih melakukan verifikasi para nelayan yang akan menerima bantuan tersebut,” ungkap Ina, di Tanah Grogot, Kamis (26/1).

Adapun syarat utama nelayan dapat menerima bantuan adalah memiliki kartu nelayan dan telah terdaftar di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Tercatat saat ini, di Kabupaten Paser ada sekitar 4.000 nelayan dan 3.000 pembudidaya.

Tak hanya bantuan nelayan, Pemerintah Kabupaten Paser juga memberikan bantuan kepada dua koperasi nelayan yaitu koperasi nelayan di Desa Pasir Mayang dan Desa Muara Pasir. Pemerintah daerah tahun ini akan memberikan bantuan lima unit kapal berbobot 5 gross ton (GT) dan dua unit kapal berbobot 10 GT. Sebelumnya, pemerintah daerah telah menyerahkan bantuan alat tangkap perikanan kepada kedua koperasi nelayan tersebut.

Ina mengatakan, penyerahan bantuan kepada koperasi ini bertujuan agar para nelayan mendaftar sebagai anggota koperasi nelayan daerah. Koperasi nelayan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan wirausaha nelayan melalui pengalaman berorganisasi dan usaha bersama yang mereka dapatkan.

Demi peningkatan perikanan tangkap berkelanjutan, Pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun ini juga telah menargetkan bantuan sebanyak 1.010 unit Kapal Penangkap Ikan yang terdiri dari 950 kapal di bawah 5 GT, 30 kapal 10 GT, dan 30 kapal 20 GT. Selain itu, pemerintah juga akan memberikan bantuan 1.010 unit alat penangkap ikan. (AFN)

(*dari berbagai sumber

From : http://news.kkp.go.id/index.php/guna-tingkatkan-produksi-penangkapan-dan-budidaya-ikan-nelayan-paser-terima-bantuan-rp14-miliar/

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image