HMJ Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang
HMJ Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang

Pterosaurus Ini Mirip Hewan Tunggangan di Film Avatar

Author : Administrator | Rabu, 17 September 2014 09:47 WIB
Sumber: Viva News

 

Ikrandraco avatar memiliki lebar sayap sekitar 1,5 meter

 
Ikrandraco avatar
Ikrandraco avatar
 
VIVAnews - Paleontolog berhasil menemukan fosil berusia sekitar 120 juta tahun lalu. Fosil ini digambarkan mirip dengan hewan tunggangan di film Avatar besutan James Cameron.

Dilansir Digital Journal, Rabu 17 September 2014, fosil ini ditemukan di Tiongkok. Fosil pterosaurus ini juga memiliki kantung leher, sama dengan hewan pelikan.

Hewan purba ini dinamakan Ikrandraco avatar. Fosilnya ditemukan di propinsi Liaoning. Diprediksi, hewan ini hidup dan terbang di awal zaman Cretaceous.

Fosil-fosil ini ditemukan oleh tim yang dipimpin oleh seorang ahli vertebrata, Wang Xiaolin. Dia adalah profesor ahli dari Institute of Vertebrate Paleontology and Paleoanthropology, Chinese Academy of Sciences.

Setelah menemukan fosil ini, semua anggota tim mulai melakukan analisa. Diketahui jika Ikrandraco memiliki gigi yang tajam, tengkorak yang datar dan memanjang, tulang tonjolan pada rahang bawah yang mirip pisau.

 
Fitur yang digambarkan para peneliti ini hampir sama dengan gambaran yang ada pada sebuah film. Pada film Avatar, hewan terbang tunggangan Avatar itu bernama Ikran.

Bedanya, di dalam film tersebut, Ikran berukuran lebih besar dengan lebar sayap membentang sepanjang 12 meter. Sedangkan Ikrandraco memiliki lebar sayap sekitar 1,5 meter. Di lehernya pun terdapat kantung mirip burung pelikan.

Pterosaurus sendiri merupakan kerabat dari dinosaurus dan mereka pernah menguasai langit antara 225 tahun lalu hingga 65 tahun lalu.




http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/539021-pterosaurus-ini-mirip-hewan-tunggangan-di-film-avatar
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image