HMJ Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang
HMJ Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang

'Mesin Waktu' Versi Google Street View

Author : Administrator | Sabtu, 26 April 2014 10:28 WIB
Sumber: National Geographic

Google telah memperkenalkan fitur "mesin waktu" yang memungkinkan pengguna melihat keadaan suatu tempat sejak 2007 hingga sekarang

Mobil Google street view (KOMPAS.com/Deliusno)

Sejak pertama diluncurkan pada 2007, Google Street View telah menyediakan sarana jalan-jalan "keliling dunia" dari depan layar komputer. Hanya dengan memakai fasilitas pada layanan peta Google Maps ini, pengguna bisa melihat-lihat pemandangan suatu daerah, lalu tiba-tiba melompat menyusuri jalan sebuah kota di belahan dunia lain dalam sekejap.

Pengguna Street View kini juga bisa "kembali ke masa lalu" dengan layanan tersebut. Sebagaimana dilaporkan oleh The Inquirer, Google pada Rabu (23/4) telah  memperkenalkan fitur "mesin waktu" yang memungkinkan pengguna melihat keadaan suatu tempat sejak 2007 hingga sekarang.

Hal ini dimungkinkan lewat pengumpulan gambar Street View yang diambil selama rentang waktu itu. Google kemudian menyatukan dan memasukkan foto-foto lama tersebut ke dalam Street View.

Dalam sebuah publikasi di blog, Google memberikan beberapa contoh daerah yang bisa "dikembalikan ke masa lalu", antara lain Hotel Marina Bay Sands di Singapura yang bisa dilihat perubahannya sejak masih dibangun hingga selesai.

Pengguna juga bisa mengamati proses pembangunan stadium sepak bola di Fortaleza, Brasil, yang dibangun untuk menyambut Piala Dunia 2014 serta daerah Onagawa, Jepang, yang luluh lantak akibat gempa pada 2011.

Fitur ini sudah tersedia di Google Maps versi desktop dan bisa diakses melalui ikon jam yang muncul di kiri atas layar apabila tempat yang bersangkutan bisa dijelajahi keadaannya di masa lalu. Beberapa wilayah dunia seperti kota Jakarta, Indonesia, belum kebagian karena memang belum tercakup oleh layanan Street View.


http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/04/mesin-waktu-versi-google-street-view

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image