HMJ Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang
HMJ Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang

Ini Prototipe Pakaian untuk Manusia di Mars

Author : Administrator | Jum'at, 02 Mei 2014 12:34 WIB
Sumber: National Geographic

Prototipe pakaian astronot ke Mars dari NASA.

pakaian manusia di mars z2,pakaian astronot
NASA

Badan Antariksa Amerika Serikat NASA, memperlihatkan pakaian dengan teknologi yang dibutuhkan astronaut di masa depan untuk penerbangan pertama ke Mars.

NASA mengatakan pakaian ruang angkasa Z-2 untuk manusia di Mars memang baru merupakan prototipe. Namun unsur-unsurnya bisa dipadukan ke pakaian untuk manusia pertama yang mencapai Planet Merah tersebut.

Pakaian itu menggunakan lapisan yang memancarkan cahaya dan kabel bersinar yang bisa diatur untuk mengidentifikasi individu.

Teknologi Z-2 mengalahkan dua pilihan lainnya dalam pemungutan suara masyarakat umum dengan 63% dari 233.431 suara yang masuk.

Dua pilihan lainnya disebut 'pakaian mimik bio' yang meniru mahluk laut yang memancarkan sinar dan 'kecenderungan masyarakat' dengan kulit keras ikan dan reptil.

Pakaian Z-1 pernah ditetapkan Majalah Time sebagai temuan terbaik tahunan.

Dibuat dengan menggunakan mesin cetak 3D dan mesin pengindai gambar 3D, Z-2 akan diuji di ruang tanpa udara di kolam renang NASA yang meniru permukaan bebatuan Mars. 

Tahun 2012 lalu, NASA mengeluarkan Z-1 yang mirip dengan pakaian yang digunakan karakter Buzz Lightyear dalam film Toy Stories.

Dianggap sebagai salah satu terobosan dalam teknologi ruang angkasa, pakaian Z-1 ditetapkan sebagai temuan terbaik tahunan oleh Majalah Time.

"Setiap perubahan seri Z akan menggunakan teknologi baru yang pada suar hari akan bisa digunakan oleh manusia pertama yang menginjakkan kaki ke Planet Merah," seperti dinyatakan NASA.

Ditambahkan bahwa Z-2 menggunakan hal-hal yang sudah dicapai dalam teknologi pakaian ruang angkasa di masa lali namun dengan penambahan elemen-elemen masa depan.

Bagaimana pun, NASA menegaskan protipe terbaru itu juga tidaklah dibuat dengan bahan yang dirancang untuk melindungi astronaut dari hantaman meteor kecil, temperatur ekstrem, dan radiasi.


http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/05/ini-prototipe-pakaian-untuk-manusia-di-mars


Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image