HMJ Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang
HMJ Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang

Ini Dia Superkomputer Buatan Tiongkok

Author : Administrator | Selasa, 24 Juni 2014 10:41 WIB
Sumber: Viva News


Superkomputer Tianhe-2 dengan kekuatan 33,86 petaflop/s
Superkomputer Tianhe-2 dengan kekuatan 33,86 petaflop/s

VIVAnews
- Negara Tiongkok itu kini memiliki superkomputer lagi. Ini merupakan tiga kali berturut-turut negara itu menghadirkan superkomputer. Kali ini kapasitasnya sampai 33,86 petaflop per detik.

Dilansir melalui BBC, Selasa 24 Juni 2014, Tianhe 2 merupakan ciptaan berikutnya dari proyek dua tahunan Tiongkok. Proyek tersebut memantapkan posisi Tiongkok sebagai pengembang superkomputer. Dalam daftar terakhir, Tiongkok dilaporkan memiliki 20 persen superkompter dalam posisi Top 500 negara produsen superkomputer, sementara Amerika hanya 15 persen saja.

Meski mengalami penurunan pasar superkomputer, Amerika masih mendominasi dalam daftar tersebut. Saat ini ada sekitar 233 pembuatan superkomputer di Amerika. Sedangkan Tiongkok hanya 76, naik dari angka 63 dalam daftar sebelumnya.

Angka yang dimiliki Tiongkok hampir sama dengan total penjumlahan dari Inggris, yang hanya memiliki 30 perusahaan, Prancis 27 produsen, dan Jerman sebanyak 23 saja. Daftar lengkap dari negara superkomputer itu telah dipublikasikan dalam sebuah konferensi pers di Leipzig, Jerman.

Daftar Top 500 dikenal luas sebagai barometer dari pusat superkomputer dunia. Daftar ini telah dipublikasikan setiap dua tahun sekali sejak 1993.

Seluruh komputer yang ada diukur tidak berdasarkan kriteria yang sama. Awalnya memang berdasarkan benchmark dari perangkat pertama yang dibuat tahun 1979. Namun kemudian berkembang dan ditingkatkan seiring dengan sistem komputasi yang semakin rumit. Seperti kekuatan superkomputer yang sangat besar dan kemampuan komputasi yang diukur dari kapasitas petaflop per second (setara dengan perhitungan quadrillions per detik).

Tianhe-2 memliki ukuran kekuatan sebanyak 33,86 petaflop per second. Ini mengalahkan rekor IBM Roadrunner yang menjadi kompter pertama yang menembus angka petaflop per second. Sayangnya, IBM terpaksa mematikan komputer tersebut di 2013 karena besarnya konsumsi daya yang dibutuhkan.

Dari seluruh daftar Top 500 superkomputer yang ada, total kekuatan yang dimiliki adalah 274 petaflop per second.

Tianhe-2 dimiliki oleh pemerintah Tiongkok dan dioperasikan oleh National University of Defence Technology. Superkomputer ini digunakan Tongkok sebagai bahan penelitian dan edukasi.




http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/515420-ini-dia-superkomputer-buatan-tiongkok
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image