HMJ Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang
HMJ Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang

Ilmuwan Mungkinkan Kelahiran Satu Bayi Milik Tiga Orang

Author : Administrator | Rabu, 04 Juni 2014 11:10 WIB
Sumber: Viva News


Ilustrasi
Ilustrasi

VIVAnews - Metode baru sedang dikembangkan para ilmuwan untuk bisa melahirkan seorang bayi dari tiga orang sekaligus. Penelitian ini dilakukan untuk mencegah penyakit mitokondrial yang mematikan.

Mitokondrial merupakan penyakit mematikan yang disebabkan oleh kerusakan pada pusat inti di setiap sel tubuh. Satu dari 6.500 bayi lahir dengan penyakit ini. Gejala yang terjadi adalah adanya fungsi energi yang tidak efisien dan menyebabkan beberapa hal seperti kelemahan pada otot, kebutaan, gagal hati, bahkan sampai kematian. Penyakit ini hanya ditularkan melalui gen ibu.

Dilansir melalui BBC, Rabu 4 Juni 2014, teknik yang akan dilakukan adalah dengan menggunakan telur dari dua wanita berbeda dan satu sperma pria.

Regulator kesehatan di Inggris mengatakan bahwa tidak ada bukti bahwa cara ini tidak aman, tetapi memang dipastikan membutuhkan pemeriksaan ekstra.

"Jika dilihat dari cara kerjanya, semua masih aman. Namun, kita tidak tahu apa yang akan terjadi dengan hasilnya. Kami sangat berhati-hati dengan ini," ujar Prof. Robin Lovell-Badge dari Medical Research Council.

Dua embrio dari dua wanita berbeda dimaksudkan untuk mengecoh virus mitokondria yang terdapat di salah satu gen ibu. Risiko anak dan kemungkinan mutasi mitokondria yang ditransfer selama prosedur berlangsung, juga harus diinvestigasi lebih lanjut.

Mengingat penelitian ini melibatkan janin yang masih hidup dengan siklus kehidupan yang panjang, para ilmuwan mengaku membutuhkan waktu lama untuk bisa mengetahui hasilnya. Bahkan, kemungkinan butuh waktu dua hingga tiga tahun dengan pemeriksaan intensif.

"Saya rasa, dua tahun bukanlah estimasi yang buruk. Hal ini, karena kami membutuhkan beberapa eksperimen lagi yang kami anggap penting. Dibutuhkan waktu dua tahun untuk bisa menyempurnakan itu semua," ujar Lovell-Badge.

Menurutnya, keamanan suatu pengobatan, khususnya untuk penyakit mematikan macam mitokondria, bukanlah sebuah isu yang mudah. Sebab itu, harus ada pemeriksaan intensif untuk menjawab itu.

"Apakah teknik ini baik untuk manusia? Kita tidak tahu sampai semua selesai dilakukan. Sampai sebuah bayi lahir, kami tidak bisa yakin 100 persen," ujarnya.



http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/509484-ilmuwan-mungkinkan-kelahiran-satu-bayi-milik-tiga-orang
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image