HMJ Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang
HMJ Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang

Bikin Musik Online, Amazon Saingi Spotify

Author : Administrator | Jum'at, 13 Juni 2014 10:06 WIB
Sumber: Viva News


Ilustrasi
Ilustrasi

VIVAnews - Amazon meluncurkan layanan streaming musik buatannya sendiri. Langkah ini secara tidak langsung ingin menyaingi popularitas Spotify dan Google di industri musik online.

Dilansir BBC, Jumat 13 Juni 2014, layanan ini tidak gratis. Para pengguna yang ingin menonton atau mendengarkan musik dari Amazon diharuskan untuk berlangganan. Tidak heran jika para pelanggan premium Amazon bisa langsung menggunakannya.

Pelanggan harus membayar sekitar US$99 untuk masa langganan satu tahun. Selain bisa mendengarkan lagu, Amazon juga memberikan keuntungan berupa pengiriman gratis, e-book, dan akses ke perpustakaan online Amazon, yang berisi film dan acara televisi.

Ini memang baru langkah pembuka yang dilakukan Amazon untuk memasuki industri musik. Amazon tetap percaya diri meski "perpustakaan" musiknya hanya diisi tidak lebih dari satu juta lagu. Angka ini sangat jauh dibandingkan dengan Spotify atau Beat yang telah memiliki 20 juta lagu.

Pesaing lainnya, Deezer, memiliki katalog lebih dari 30 juta lagu. Baru-baru ini, Beats Music telah dibeli oleh Apple dengan nilai US$3 miliar.

Jumlah lagu yang sedikit, menurut berita Reuters, dikarenakan Amazon gagal mencapai kata sepakat dengan Universal, perusahaan label rekaman terbesar di dunia. Universal menolak kerja sama dengan Amazon, namun tidak jelas mengapa penolakan itu bisa terjadi. Katalog lagu Amazon diperkuat oleh produksi lagu dari Warner Music dan Sony, serta dua label besar lainnya.

Pengguna streaming musik Amazon harus menjadi pelanggan Prime. Setelah berlangganan dan membayar biaya tahunan, pengguna bisa mendengarkan lagu atau streaming tanpa diganggu iklan atau jeda lagu. Pengguna juga bisa mengunduh lagu yang diinginkan ke dalam perangkat mobile. Lagu yang telah diunduh bisa diperdengarkan tanpa membutuhkan koneksi internet.

Layanan musik Amazon ini tersedia melalui berbagai platform. Aplikasi Amazon apps bisa diunduh di Apple, Google, perangkat Android, atau melalui PC dan Mac. (art)




http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/512195-bikin-musik-online--amazon-saingi-spotify
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image