HMJ Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang
HMJ Perikanan
Universitas Muhammadiyah Malang

10 Penemuan yang Mengubah Dunia (Bagian I)

Author : Administrator | Senin, 29 September 2014 14:50 WIB
Sumber: Viva News
 

Ada kompas sampai roda. Diperingati bertepatan Hari Penemu.

 
Komputer Machintos Portable 1989
Komputer Machintos Portable 1989
 
VIVAnews - Penemuan teknologi telah terbukti makin mengembangkan kehidupan manusia di dunia. Dengan temuan itu, manusia makin dimudahkan dalam kehidupannya. Untuk itu, tak salah jika menghormati para penemu di berbagai belahan dunia. 
 
Seperti hari ini, Senin 29 September 2014, di berbagai belahan dunia diperingati sebagai Hari Penemu. Berdasarkan IBTimes, hari ini, ada 10 temuan yang dianggap berkontribusi bagi perubahan dunia, di antaranya kompas, roda sampai alat kontrasepsi. 
 
Berikut beberapa temuan tersebut :

Kompas

Sebelum diperkenalkannya alat kompas itu, penentuan arah, posisi maupun tujuan di laut mengandalkan pengamatan posisi bintang maupun bentuk langit. 
 
Namun, setelah ditemukannya kompas, di Tiongkok pada abad ke-9 dan 11, mampu mengubah cara orang untuk mencari posisi tertentu. Pada awalnya, kompas dibuat dari batu magnet. Catatan mengenai penggunaan kompas ini ditemukan pada referensi sastra terawal Tiongkok pada tulisan Wang Xu pada abad ke-4 sebelum Masehi. 
 
Mesin Pembakaran Internal

Temuan ini muncul pada paruh kedua abad 19 yang menghiasi perkembangan di masa industri. Pada mesin ini, pembakaran bahan bakar melepaskan gas bersuhu tinggi, dan pada akhirnya memperluas serta memberikan gaya pada piston. Dengan temuan ini, merevolusi mesin mobil dan pesawat modern. 
 
Komputer

Barangkali, dunia saat ini tak terbayangkan bila tanpa adanya mesin komputer. 
 
Mesin komputer pertama kali dikembangkan oleh Charles Babbage, seorang insinyur mekanik dan matematika. Awalnya, ia mengembangkan konsep komputer yang mampu diprogramkan, hingga akhirnya ia menemukan mesin komputer pertama pada awal abad 19. 
 
Sementara itu, prinsip komputer modern pertama kali digambarkan ilmuwan komputer, Alan Turing, dalam sebuah makalah pada 1936.
 
Penisilin

Penisilin merupakan kelompok antibiotik yang dihasilkan dari jamur Penicillium. Penemuan penisilin dialamatkan kepada ilmuwan Skotlandia dan pemenang nobel, Alexander Fleming pada 1928. 
 
Fleming menggambarkan, jika Penicillium rubens ditumbuhkan dalam substrat yang tepat, akan memancarkan zat dengan sifat antibiotik. 
 
Selanjutnya, para ahli kimia memurnikan penisilin dan mengembangkan menjadi obat penisilin, yang mana banyak berkontribusi penyembuhan infeksi pada manusia. Penisilin diproduksi massal pada 1944. 
 
 
Roda

Benda ini telah menjadi bagian penting pada kendaraan, mulai dari sepeda, motor sampai mobil. 
 
Roda ditemukan sejak 3500 sebelum masehi. Dengan benda ini fasilitas pertanian sampai perdagangan bisa mengirimkan barang-barang. Bagaimanapun keberadaan benda itu telah mengubah kehidupan manusia dan digunakan pada hampir semua kendaraan.

Bersambung ......



http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/543015-10-penemuan-yang-mengubah-dunia--bagian-i
 
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image